Resume pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia emas


 Badan pusat statistik menyebutkan bahwa indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk yang pada masa usia produktif. Pendalaman karakter manusia indonesia yang berdasarkan pada nilai niali pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menangkal paham paham radikalisme. Pada hakikatnya pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai nilai pancasila.

Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga mempertahan kepentingan sekitar. Manusia memiliki fungsi monodualistis, tidak hanya mengejar kepentingan dunia tetapi mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak. 

Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai nilai budaya inti(core values) yang hatus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata social sejalan dengan perkembangan masyarakat, kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan.

Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh nahdlatul ulama ialah paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa yang terdiri atas suku, agama, ras, dan antar golongan yang berbeda untuk berpartisipasi aktif dalam melaksanakan hak dan kewajiban berdasarkan pancasila. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Peran Mahasiswa dalam kepedulian lingkungan untuk kesehatan dan perwujudan Indonesia emas

tugas review berita pkkmb 2023

Resume Generasi Muda berintegritas Anti Korupsi